Pawang Rayap
email info@pawangrayap.com | Telepon +6281511803936
  • Rayap Pohon
  • Rayap Kayu
  • Obat Rayap

Berdasarkan penelitianpara pakar rayap, serangga ini diidentifikasi terdiri dari 2000 jenis, dibagi dalm tujuh famili, 15 sub-famili dan 200 genus.Pada umumnya ditandai menjadi tiga kelompak rayap yang cukup mudah dikenali melalui jenis serangan yang dilakukan secara berkoloni pada satu kawasan, di alam terbuka atau pada pemukiman di sekitar tempat tinggal manusia. Semuanya memiliki daya serang atau daya rusak yang mencengangkan. Bekerja secara perlahan menggerogoti pohon bahkan rumah tinggal atau bangunan. Untuk mengidentifikasi cara pengendalian hama rayap yang tepat sangat baik mengenal rayap yang hendak disingkirkan. Kami mengelompokkannya dalam tiga kategori berikut.

Rayap Kayu Kering

Koloni rayap kayu kering (drywood termite) diidentifikasi dari jenis makanannya, serangga ini tidak terlalu tergantung pada air. Mereka focus mencari benda benda yang mengandung unsur kayu atau timber sebagai sumber makanan. Tidak mencarinya di dalam tanah, apa saja yang mengandung kayu akan didatangi, seperti lemari buku, tiang tiang penyangga bahkan kuda kuda rumah dibawah atap genteng diuber. Ada beberapa jenis kayu yang kebal terhadap serangan rayap, kaena memiliki kandungan zat ekstraktif, mengandung racun bagi jamur serta rayap, diantaranya, kayu jati, merbabu dan kayu ulin, kayu hitam, kayu bangkirai dan kayu besi yang sangat keras, saat ini tergolong langka.

Rayap Kayu Basah

Diidentifikasi sebagai rayap subterranean. Rayap kayu lembab, bersarang di tanah dan dikenal memiliki daya rusak yang hebat. Mencari selolosa pada kulit kayu pohon pohon yang masih tegak berdiri hingga yang sudah roboh. Potongan kayu yang lembab, misalnya kusen di kamar mandi atau dinding serta tiang tiang rumah yang sering basah, kondisi keropos sangat mudah digerogoti sang rayap. Beberapa jenis pohon yang sangat rentan dengan serangan rayap adalah albasia dan pinus.

Rayap Tanah

Rayap tanah (macrotermes, subteranian termite) adalah serangga sosial dan selalu hidup berkelompok, membentuk koloni dalam jumlah sangat besar. Kerajaannya ada di bawah permukaan tanah. Mampu merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi melalui jalan tersembunyi hampir tidak terlihat di fondasi dinding tembok atau lantai bangunan. Kelompok ini sering ditemukan di kawasan perumahan perumahan baru yang dulunya ditumbuhi pepohonan, bangunan diatasnya menjadi korban subsitusi penyedia makanan. Dalam koloni rayap tanah ada perbedaan kasta secara alami guna menentukan pembagian kerja diantara kawanan rayap. Ada raja, ratu rayap yang mampu bertelur sebanya 30.000 kali dalam sehari, swarmers (laron, anai-anai), pasukan perang. Tugas jenis pekerja setiap kasta dilakukan secara sistimatis dan konsisten.